Program Studi Doktor Bahasa Arab Pascasarjana UIN Maliki Malang Kolaborasi dengan Kemenag Kota Malang melakukan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Mapel Bahasa Arab untuk MI se-Kota Malang

Pada tanggal 25 Juli 2024, MIN 2 Kota Malang menjadi tuan rumah yang menggelar pelatihan sehari yang membahas implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Malang. Acara ini dihadiri oleh 56 lembaga Madrasah Ibtidaiyah di wilayah tersebut, menandai partisipasi yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di bidang bahasa Arab.


Pelatihan ini tidak hanya dihadiri oleh para pendidik dan kepala Madrasah Ibtidaiyah, tetapi juga dihadiri oleh Pendma Kota Malang, Bapak Abdul Mughni, S. Ag, M. Pd. Beliau memberikan wawasan tentang implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Arab dan strategi pendampingan yang diperlukan untuk memastikan kesuksesan penerapannya di tingkat madrasah. Selain itu beliau juga menekankan pentingnya sinergi antara guru, kepala madrasah, dan pihak terkait dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Arab. Beliau juga mengungkapkan apresiasi kepada tim dari UIN Maliki Malang yang menginisiasi acara ini, juga seluruh kepala madrasah, pengurus MGMP, Pengawas dan seluruh guru yang berpartisipasi aktif atas suksesnya acara ini. Beliau berharap acara pendampingan seperti ini terus berkesinambungan pada pereode berikutnya.


Acara ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang digelar oleh program doktoral Pendidikan Bahasa Arab UIN Maliki Malang kolaborasi dengan mahasiswa doktoral PBA UIN Maliki Malang. Ketua Pelaksana Pengandian ini adalah Dr. Sutaman, yang juga merupakan Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Maliki Malang Sebagai narasumber utama, Dr. Mamluatul Hasanah didampingi dua kandidat doktor Risna Rianti Sari, dan Alfiyatus Syarofah yang memberikan materi terkait analisis learning progression untuk mapel Bahasa Arab Fase A,B,dan C, merancang ATP berbasis siklus pedagogi genre, dan mengolah pembelajaran dan assessmen berbasis digital.

Dalam suasana yang penuh semangat dan antusiasme, peserta seminar aktif berdiskusi, bertukar pikiran, serta berbagi pengalaman terkait implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Arab. Kolaborasi antara lembaga pendikan, pemerintah daerah, dan akademisi membentuk landasan yang kuat untuk peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Malang.


Dengan kehadiran para narasumber yang berkompeten dan berpengalaman, seminar ini memberikan pandangan yang luas dan mendalam tentang tantangan serta peluang dalam implementasi kurikulum yang adaptif dan relevan. output acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam peningkatan mutu pendidikan bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah di Kota Malang, serta menginspirasi upaya kolaboratif yang lebih besar dalam meningkatkan pendidikan di daerah tersebut.(MH, AS)

 

en_US
Scroll to Top