
DOCTOR
ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION
ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION BASED ON INTERDISCIPLINARY STUDIES
The Doctoral Program in Islamic Education Based on Interdisciplinary Studies (S3 PAI-BSI) Postgraduate UIN Maulana Malik Ibrahim Malang was established and held based on the Decree of the Director General of Islamic Education Number: 41 of 2014 concerning Permission to Implement the Islamic Education Study Program at the Doctoral Program of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University in 2014, under the name of “Islamic Education Study Program Based on Interdisciplinary Studies (PAI-BSI)”.
The presence of the PAI-BSI Doctoral Program to respond to the needs of PAI in today's globalization era must be able to play its role dynamically and proactively in bringing change and making a meaningful contribution to the improvement of Muslims in particular and humanity in general, both at the theoretical and practical intellectual levels.
News
VISION
Menemukan dan mempromosikan keilmuan Pendidikan Agama Islam Berbasis Studi Interdisipliner dengan mengintegrasikan sains dan Islam melalui pendekatan inter, multi, transdisipliner yang bereputasi internasional
MISSION
- Menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki 4 kekuatan (kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan kematangan professional) dalam penelitian dan pengembangan ilmu-ilmu PAI yang berbasis studi interdisipliner.
- Menjadikan Program Doktor PAI sebagai lembaga kajian strategis untuk pembangunan masyarakat yang pluralistic, multikultur dan multireligius.
- Menjadikan Program Doktor PAI sebagai mitra strategis bagi lembaga-lembaga di dalam dan di luar negeri, dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam.
GOALS
- Melahirkan Doktor bidang PAI yang memiliki integritas kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional di bidang Pendidikan Agama Islam.
- Melahirkan Doktor bidang PAI yang memiliki kemampuan sebagai peneliti yang analitis-kritis-implementatif dalam masalah Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner, serta transdisipliner.
- Melahirkan Doktor PAI yang memiliki kemampuan sebagai pengembang ilmu Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis studi interdisipliner dengan kemampuan teoritis praktis di semua level (mikro, mezzo, dan makro).
COURSE
NO |
KODE |
MATAKULIAH |
SKS |
|
A. MATAKULIAH KOMPETENSI DASAR (6 SKS) |
|
|||
1 |
23000011G31 |
Studi Al-Qur’an dan Hadith |
3 |
|
2 |
23000011G32 |
Pendekatan Studi Islam |
3 |
|
|
|
Jumlah |
6 |
|
B. MATAKULIAH KOMPETENSI METODOLOGI (6 SKS) |
|
|||
3 |
23010131G01 |
Filsafat Pendidikan Islam |
3 |
|
4 |
23010131G02 |
Metodologi Penelitian PAI-BSI |
3 |
|
|
|
Jumlah |
6 |
|
C. MATAKULIAH KOMPETENSI UTAMA (12 SKS) |
|
|||
5 |
23010131H01 |
Pembaharuan Kurikulum dan Model Pembelajaran PAI |
3 |
|
6 |
23010131H02 |
Kebijakan dan Politik PAI di Indonesia |
3 |
|
7 |
23010131H03 |
Psikologi Pendidikan Islam |
3 |
|
8 |
23010131H04 |
Sosiologi Pendidikan Islam |
3 |
|
|
|
Jumlah |
12 |
|
D. MATA KULIAH KOMPETENSI PENUNJANG (6 SKS) |
|
|||
9 |
23010132I01 |
PAI di Sekolah dan Perguruan Tinggi |
3 |
|
10 |
23010132I02 |
PAI di Madrasah dan Pesantren |
3 |
|
11 |
23010132I03 |
PAI, Moderasi Beragama dan Gender |
3 |
|
12 |
23010132I04 |
Teknologi Pembelajaran PAI |
3 |
|
|
|
Jumlah |
6 |
|
E. PENULISAN TUGAS AKHIR STUDI (14 SKS) |
|
|||
13 |
23010131J01 |
Ujian Kualifikasi |
2 |
|
14 |
23010131J02 |
Ujian Proposal Disertasi |
3 |
|
15 |
23010131J03 |
Seminar Hasil Penelitian Disertasi |
0 |
|
16 |
23010131J04 |
Ujian Disertasi Pendahuluan |
4 |
|
17 |
23010131J05 |
UJian Disertasi (Promo Doktor) |
6 |
|
|
|
Jumlah |
15 |
|
TOTAL SKS A + B + C + D + E = 45 SKS |
HUMAN RESOURCES
MANAGER

Dr. H. Ahmad Barizi, M.A.
Kaprodi S3 Pendidikan Agama Islam

Dr. Jamilah, M.A.
Sekprodi S3 Pendidikan Agama Islam