Pengabdian Masyarakat Berbasis Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Latih Guru MI/SD Kabupaten Malang Tema: Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru MI/SD kabupaten Malang di Madrasah Ibtidaiyah Al- Lathifiyah Jl. Wirosentanan RT 5 RW 1 Gedog Wetan Kabupaten Malang. Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru MI/SD di Kabupaten Malang melalui Pengabdian Masyarakat Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2023 dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Al- Lathifiyah Jl. Wirosentanan RT 5 RW 1 Gedog Wetan Kabupaten Malang. Pesertanya adalah guru MI/SD dikabupaten Malang. Narasumber Pada kegiatan ini adalah Dr. Hj. Samsul Susilawati, M. Pd, dan Dr. Zubad Nurul Yaqien, M. Pd; dari Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah dari Mahasiswa Program Studi S2 PGMI adalah Candra Avista Putri, Nurul Izhan Pepridel Yulanda.
Madrasah merupakan Lembaga Pendidikan formal yang memiliki tujuan untuk mencetak generasi yang memiliki ilmu, iman, dan taqwa. Pada prinsipnya tujuan dari K13 dengan madrasah memiliki titik temu yang membekali siswa dengan kemampuan intelektual dan spiritual yang seimbang. Pemerintah telah melakukan upaya  agar kurikulum  2013  dapat  terimplementasi dengan maksimal, salah satunya dengan menyusun buku tematik yang bersifat nasional. Namun pada kompetensi inti, pembelajaran tematik pada aspek spiritual belum sepenuhnya  muncul  pada  setiap pembelajaran  dalam buku tematik, maka perlu untuk menggunakan bahan ajar yang   sesuai   untuk mencapai tujuan   lembaga   dan kurikulum  2013  yaitu  dengan  menggunakan LKPD tematik berbasis HOTS terintegrasi Islam. Demikian, kami mengadakan pelatihan untuk memfasilitasi guru supaya dapat mengembangkan kreatifitas serta inovasi dalam pengembangan instrumen penilaian berorientasi HOTS terintegasi Islam.
Target kegiatan ini adalah Guru SD/MI di Kabupaten Malang melalui Pengabdian Masyarakat Prodi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2022 untuk mengembangkan kemampuan guru madrasah dalam mengembangkan pembelajaran inovatif. Pelaksanaan pelatihan pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan guru di MI Al-Lathifiyah Turen Kabupaten Malang, dapat disimpulkan bahwa telah berhasil memperkenalkan cara mengembangkan pembelajaran inovatif di MI Al-Lathifiyah dan sekitarnya. Pelatihan tersebut juga mampu memberi peluang kepada guru-guru untuk dapat meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan pembelajaran inovatif yang dihasilkan guru di akhir kegiatan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional akademik yang dimiliki guru yang menjadikan lebih profesioanal, aktif dan  kreatif. Guru akan mampu mengembangkan pembelajaran Inovatif dengan baik jika memiliki kemauan yang tinggi untuk menguasai kemampuan tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengikuti kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran inovatif. Melihat pentingnya penguasaan kemampuan mengembangkan Pembelajaran Inovatif,  maka perlu adanya pembinaan serta pelatihan yang dilakukan guna memberikan wawasan serta keterampilan bagi guru-guru madrasah di Kabupaten Malang dalam mengembangkan keterampilan pembelajaran inovatif. *sus, Zub,