Strategi Kuliah di Pascasrjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Batu, Minggu 12 Maret 2023 bertempat di Aula Hotel Selecta Direktur Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd., Ak berkesempatan bersilatuhrami dengan Pimpinan, Dosen dan Mahasiswa Institut Agama Islam Shalahuddin Al-Ayyubi (INISA) Tambun Bekasi. Dihadapan Pimpinan INISA yang langsung dipimpin Rektor Bapak H. Faisol Hakim Halimi, Lc., MA., Wakil Rektor III Bapak Hawasi Aisam, Lc., MA, dan Bapak To’at Haryanto, S.Pd.I., M,Hum., 14 orang Dosen Pendamping dan sekitar 100 mahasiswa dari tiga program studi, yakni Prodi Sarjana Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Prodi Sarjana Bahasa dan Sastra Arab (BSA), dan Prodi Sarjana Manajemen Bisnis Syariah (MBS), Direktur Pascasarjana mengucapkan terima kasih telah mempercayakan untuk memperkenalkan Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kepada sivitas akademika INISA Bekasi.

Pada kesempatan pertama Direktur Pascasarjana menayangkan profil Universitas dan profil Pascasarjana melalui media youtube, dilanjutkan dengan memberikan memotivasi mahasiswa untuk terus memacu semangatnya untuk kuliah, dan tidak hanya selesai sampai tingkat sarjana saja, sebab tuntutan kualitas semakin lama juga semakin meningkat. Mahasiswa adalah sudah pada tingkatan dewasa, sehingga sudah dapat mengambil keputusan sendiri akan masa depannya. Pilihan kuliah pada jenjang Magister (S-2) dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas diri, dan Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi pilihan tepat untuk studi berikutnya. Beberapa keunggulan yang disampaikan diantaranya sebagian besar Program Studi yang ada telah terakreditasi UNGGUL dan A, sedangkan akreditasi Prodi yang masih B diupayakan segera di reakreditasi ulang meskipun masa berlakunya belum habis.

Pada sesi tanya jawab beberapa mahasiswa menanyakan tentang hal yang harus diperhatikan dalam memilih program studi Magister di perguruan tinggi, program beasiswa, syarat-syarat pendaftaran di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Untuk menentukan pilihan prodi untuk studi lanjut, banyak hal yang harus dipertimbangkan diantaranya status Nilai Peringkat Akreditasi Program Studi dan reputasi Perguruan Tinggi, kondisi keuangan calon mahasiswa, lokasi studi dan pertimbangan lainnya. Hanya saja untuk mahasiswa yang baru lulus S1, maka nilai peringkat akreditasi program studi dan reputasi perguruan tinggi dapat menjadi pertimbangan utama. Misalnya pilihan di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, syarat masuk dapat dilihat di Web Pascasarjana https://pasca.uin-malang.ac.id/ dan Web UIN Maulana Malik Ibrahim Malang https://uin-malang.ac.id/, pendaftaran dapat dilakukan secara online dan Ujian Masuk juga dapat diikuti secara online juga. Untuk berbagai ragam beasiswa yang dapat diakses oleh mahasiswa diantaranya seperti: LPDP Kementerian Agama (Beasiswa Indonesia Bangkit), Beasiswa Pendidikan Indonesia, LPDP Kementerian Keuangan, Pemerintah Daerah Provinsi dan/atau Kota/Kabupaten asal daerah mahasiswa, Beasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang khusus untuk Program Studi Magister dan Doktor Studi Islam atas kerja sama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan beberapa Pondok Pesantren di Jawa Timur.

Pada kesempatan terakhir dilakukan penandatangan naskah kerja sama antara Rektor INISA  Bekasi dan Direktur Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.*Satu

 

 

Scroll to Top