Studi Banding Kolaborasi Penelitian Mahasiswa dan Dosen ke Universitas Negeri Mataram dan Universitas Islam Negeri Mataram

Lombok, 28-30 November 2022. – Dalam rangka penguatan kolaborasi penelitian mahasiswa dan dosen, Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan studi banding ke Universitas Negeri Mataram (UNRAM) dan Universitas Islam Negeri Mataram (UIN Mataram). Studi banding ini juga ditujukan untuk meningkatkan kerjasama kolaborasi penelitian dan pengabdian masyarakat serta publikasi Ilmiah antar instansi tersebut. Sehingga kedepan bisa dilakukan kolaborasi penelitian antar kampus baik oleh dosen ataupun mahasiswa.

Kunjungan di Universitas Negeri Mataram ditujukan kepada LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) yang disambut oleh bebrapa steakcholder. Mewakili ketua dan sekretaris LPPM yang beralangan Hadir, koordinor riset  Prof. Dr. Buang Anshari. Ph.D menyambut kedatangan rombongan dari Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Achmad Sani Supriyanto, M.Si. Selain itu hadir juga tim dari unit data dan mutu serta pengabdian dan penelitian. Pada kesempatan ini LPPM Universitas Negeri Mataram menyampaikan bahwa di kampus tersebut terdapat 9 Fakultas,15 prodi S2 dan 2 Prodi S3, 4 prodi saja yang ada di kelola oleh pascasarjana. Selain itu lembaga reset memiliki 12 pusat penelitian dan 4 center of excellent. Dalam bidang pengabdian, LPPM UNRAM memiliki pusat bisnis yang dapat meningkatkan bidang perekonomian masyarakat sekitar.

Pembahasan selanjutnya terkait sekema riset di Universitas Negeri Mataram yang terdiri dari skema riset pemula bagi para dosen pemula hingga penyiapan guru besar dan pasca guru besar yang sudah memiliki roadmap yang baik. Roadmap di dalamnya memiliki bentuk kelompok atau klasterisasi bidang ilmu yang berjumlah 124 bidang keilmuan, 1095 kelompok riset kelompok bidang ilmu. Penelitian yang mungkin kerjasama PNBP skema penugasan yang bisa kerjasama dengan PT lain. Pengabdian, ada peluang mengembangkan bersama pola-pola MBKM antar daerah dan Perguruan Tinggi. Sehingga Universitas Negeri Mataram mengajak untuk melakukan kerjasama pengabdian masyarakata pada daerah 3T di sekitar Lombok Raya. Pada kesempatan ini juga Prof. Dr. H. Achmad Sani Supriyanto, M.Si selaku perakilan dari Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyampaikan terkait posisi pascasarjana di UIN Malang, pengelolaan penelitian di UIN Malang serta menjajaki pola kerjasama dalam penulisan artikel ilmiah anatara mahasiswa dan dosen.

Studi banding selanjutnya dilakukan pada LP2M UIN Mataram. Pertemuan ini disambut langsung oleh ketua LPPM Prof. Dr. Atun Wardatun, Ph.D didampingi oleh sekretaris dan seluruh kepala unit LPPM. Pada kesempata ini pembahasan seputar peluang kerjasama antar lembaga baik dalam bidang penelitian ataupun pengabdian. Pada kesempatan ini disampaiakn juga permohonan kerjasama untuk kegiatan muktamar bahasa Arab yang diselenggarakan oleh IMLA (Ittihad Mudarris Al-Lughah Al-’Arabiyah) sekitar bulan April tahun 2023 akan di UIN Mataram. Hal ini disampaikan oleh Dr. Hj. Mamluatul Hasanah, M.Pd selaku Sekretaris Prodi S3 PBA Pascasarjana UIN Maualan Malik Ibrahim Malang sekaligus perwakilan dari IMLA.

Dalam bidang penelitian dan pengabadian, UIN Mataram banyak berbicara tentang kajian-kajian budaya lokal dan keunikan di Lombok yang nantinya dapat dijadikan sebagai sebuah tema kolaboratif antara mahasiswa dan dosen. Dalam bahasan kali ini, Prof. Atun Wardatun, Ph.D bercerita tentang bebrapa keunikan budaya lokal Lombok yang bisa dijadikan tema kolaboratif riset ataupun pengabdian baik dengan mahasiswa ataupun dosen. Dalam reset kolaboratif yang dibicarakan, reset yang akan dilakukan memiliki pendanaan yang dapat dilakukan bersama antar peneliti dan penanggungjawab utama adalah lembaga yang menjadi tuan rumah jika kolaborasi dilakukan. *mimin

 

 

 

 

 

Scroll to Top