Penyelenggaraan ACIEM Ke-4 dan Temu Tahunan PPMPI Ke-9 Dilaksanakan oleh Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Lombok Bekerjasama dengan PPMPI

Pada hari Jum’at – Ahad bertepatan  tanggal 19-21 Agustus 2022 di Aruna Resort and Convention Senggigi Lombok Barat NTB diselenggarakan Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM) ke-4 Tahun 2022 dengan tema “Peran Kepemimpinan dalam Penguatan Mutu Perguruan Tinggi di Era Masyarakat 5.0”. Kegiatan ini diselenggarakan Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) bekerjasama dengan Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Mataram. Sekretaris Program Studi Doktor dan Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berkesempatan hadir dalam pertemuan tersebut.

Hadir memberikan Orasi Ilmiah Prof.Dr. Mukhlas Samani. Dalam Pemaparannya Prof.Mukhlas menyatakan bahwa realitas hari ini nilai-nilai mulia ajaran Islam justru diamalkan oleh orang-orang di luar Islam, seperti ajaran kebersihan dan kedisiplinan telah dipraktekkan sangat baik oleh orang-orang Jepang ungkap Prof. Mukhlas.

Gambar 1. Pengurus PPMPI dan Narasumber ACIEM Ke 4 dan Temu Tahunan ke-9

Prof. Mukhlas dalam orasi ilmiahnya menekankan pentingnya bagi lembaga pendidikan termasuk di dalamnya program Studi Manajemen Pendidikan Islam pada semua jenjang baik jenjang, S1, S2 maupun S3 untuk membekali para mahasiswa kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan kemampuan bekerjasama atau hidup berdampingan dengan orang lain. Selain itu Prodi MPI juga perlu memberikan banyak mata kuliah pilihan kepada para mahasiswa yang sesuai dengan kebetuhan dan keinginan mereka.

Selain kegiatan orasi ilmiah, Kegiatan PPMPI Ke-9 ini juga di isi dengan pembagian penghargaan kepada Program studi yang berprestasi dengan berbagai kategori, antara lain: 1). kategori Prodi MPI yang memiliki jurnal terakreditasi SINTA, 2). Prodi MPI yang telah meraih akreditasi predikat unggul, dan 3). Prodi MPI yang akan mengikuti akreditasi FIBAA yang diberikan pada Prodi Magister MPI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kegiatan tahunan PPMPI ke-9 ini ditutup oleh Direktur Pascasarjana UIN Mataram. Dalam sambutannya Beliau mengutip pendapat Imam Al-Ghazali tentang 3 hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas, yaitu: 1. Senantiasa kumpul dengan ulama/para ahli ilmu, 2. Senantiasa kumpulkan dengan orang-orang sholihin atau orang-orang yang selalu relevan dengan segala situasi, 3. Senantiasa meninggalkan berbuatan yang tidak bermanfaat. Ketiga hal ini ada pada para pengelola Program Studi MPI yang hadir dalam kegiatan PPMPI ke 9 ini. Dalam akhir sambutan beliau berharap agar para pengurus dan anggota PPMPI terus menjaga persatuan dan kekompakan agar kegiatan rutin tahunan ini dapat terus berjalan dengan baik.

Di samping kegiatan utama tersebut, pada kesempatan ini dilakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang relevan antar Prodi MPI dari berbagai Perguruan Tinggi. Salah satu PKS yang telah dilaksanakan kali ini ada Perjanjian Kerja Sama tentang Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Program Studi Magister MPI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan PPMPI.

Gambar 2. Kesepakatan Perjanjian Kerjasama MBKM Prodi Magister MPI

Pimpinan Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sangat mendukung adanya kegiatan tersebut. Melalui kegiatan ini juga diharapakan dapat memperkuat eksistensi Program Studi Doktor dan Magister MPI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam kancah pergaulan dan kompetisi tingkat nasional maupun internasional. *Amin

Scroll to Top