Akselerasi Publikasi Melalui Coaching Clinic: Penuliasan Artikel Ilmiah Bereputasi

Malang, 4-5 Agustus 2022, Prof. Dr. Achmad Sani Supriyanto, SE,. M.Si Guru Besar Fakultas Ekonomi dan  Kaprodi S2 Ekonomi Syariah  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang , Wahibur Rokhman, SE, M.Si, Ph.D, Editor in Chief Jurnal QIJIS Scopus Q1 dan Muhammad Mustaqim sebagai Co Editor dimandat untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Cocahing Clinic: Penulisan Artikel Jurnal Internasional Berepitasi bagi para dosen di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan ini diselengggarakan oleh Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta diikuti oleh sekitar 30 dosen, dan bertempat di Gedung C Lantai-3 Homestay UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Dalam sambutannya Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan klinik jurnal ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis artikel di jurnal internasional bereputasi, baik itu terindeks WoS maupaun Scopus. Semakin banyak artikel dosen yang telah terbit di jurnal internasional bereputasi tersebut, makan akan semakin tinggi tingkat reputasi individu dosen, juga meningkatkan reputasi internasional Pascasarjana dan Lembaga. Disamping itu, juga mempermudah dosen dalam mencapai gelar akademik tertinggi yaitu Profesor. Dalam sambutannya Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd mengapresiasi kegiatan ini karena ada sekitar 20 artikel dosen yang telah dikirimkan kepada narsum untuk di review. Harapan nya nantinya ada beberapa artikel tersebut untuk diterima dan dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Disamping itu, juga Berharap kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti sampai disini.

Lebih lanjut, Wakil Direktur Pascasarjana Drs. Basri, M.A., Ph. D mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting bagi para dosen, untuk meningkatkan kemampuan menulis terutama untuk jurnal bereputas. kegiatan ini betujuan untuk memberikan pembekalan kepada para Dosen Pascasarjana UIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terutama nagi dosen yang akan atau sedang dalam pengusulan pangkat guru besar.

“Kegiatan ini ada pendampingan dalam pemyusunan artikel untuk terbit di jurnal terindek scopus dan lain sebagainya,” ucap Wadir Pascasarjana disela mengikuti kegiatan di Gedung C Homestay UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Dijelaskan Basri Ph. D, kegiatan ini juga memberikan tips dan trik bagi peserta tidak hanya dalam melewati Langkah-langkah penulisan artikel ilmiah bereputasi namun juga pememuhan syarat kepangkatan guru besar dalam kaitan dengan publikasi ilmiah.

Sebagai pembicara pertama Prof. Dr. Achmad Sani Supriyanto, SE, M.Si, menekankan bahwa penting nya jumlah publikasi dosen di jurnal internasional bereputasi. Menurut nya untuk mendaftar di WCU rangking maka dibutuhkan 1.000 artikel yang telah terpublish di Scopus. Sementara jumlah artikel sampai juni 2022 UIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang masih sekitar 599 artikel, artinya masih dibutuhkan sekitar 50% lagi agar bisa mendaftar di WCU Rangking.  Di sisi lain agar artikel dosen dapat di terima publis di jurnal bereputasi, maka dibutuhkan kemampuan untuk menulis dengan baik, diantaranya artikel tersebut setidaknya mengandung research gap dan novelty.

Pembicara ke dua adalah Editor In chief Jurnal  QIJIS Kudus, indeks Scopus Q1, SJR 0, 2, Wahibur Rokhman, Ph.D dan Muhammad Mustaqim. Beliau menekankan bahwa untuk menulis di jurnal QIJIS, maka perlu kesabaaran dan dalam artikel tersenbut ada kebaharuaannya/ novelty. Setiap tahun di jurnal QIJIS ada sekitar 700-an artikel yang masuk dan yang akan dipublikasikan hanya 16 artikel. Sehingga kalau artikel tersebut dianggap tidak ada kebaharuan/ novelty maka akan di tolak.

Sebagai pembicara terakhir adalah Dr. Muhammad Mustaqim, M.A, Co-Editor Qijis dan editor beberap jurnal terindeks sinta 1 dan 2. Dalam pemaparannya beliau menekankan ada novelty dalam menulis artikel. Selain itu jurnal yang akan dipilih hendaknya benar-benar jurnal yang bereputasi, bukan jurnal predator. Dipastikan juga bahwa artikel yang akan disubmit ke jurnal harus sesuai dengan scoup dan issue yang terbaru jurnal yang dituju.

Dalam klinik tersebut juga dilakukan review terhadap 20 artikel dosen, dan beberapa artikel cukup layak untuk di publikasikan di jurnal internasional bereputasi dengan catatan perlu perbaikan terutama menambahkan reseach gap, novelty, dan treferensi yang terbaru. Artikel-artikel dalam coaching clinik ini ini dirancang berurutan sesuai dengan kebutuhan penulisan artikel ilmiah agar dapat meningkatkan ketrampilan Dosen Pascasarjana UIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam menulis dan menyusun artikel dari suatu laporan penelitian sampai dengan cara submit pada jurnal yang sesuai. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan ini, diharapkan para Dosen Pascasarjana UIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat menulis dengan baik dan benar serta dapat dipublikasikan pada Jurnal internasional bereputasi *3k0

Scroll to Top