BIMTEK sebagai Sarana Mahasiswa agar kreatif dan terampil dalam Menulis Karya Ilmiah

Batu, 15 Mei 2024, Sebagai upaya untuk membekali dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, program Pascasarjana Magister dan Doktor UIN Maulana Malik Ibrahim, memandang penting diselenggarakan program bimbingan teknis (BIMTEK) penulisan karya ilmiah. Program BIMTEK diselenggarkan secara periodik pada setiap semester, mengingat pentingnya untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Bimtek tidak hanya mengajarkan metodologi penelitian, tetapi membangun semangat pemahaman etika penelitian, kontribusi keilmuan, novelty dan kepatuhan mengikuti pedoman akademik ujar Prof.Dr.Wahidmurni, M.Pd.Ak.

Bimtek juga menyoroti pentingnya etika penelitian dan mengajarkan mahasiswa tentang praktik yang etis dalam melakukan penelitian dan penulisan jurnal, tambah Dr. Muhammad Asrori, M.Pd.I selaku Kaprodi Magister PAI .
Bimbingan teknis mengangkat tema “menjadi mahasiswa kreatif dan terampil berintegritas dalam menulis karya ilmiah” dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2024 pada pukul 08:00 sampai 13:00 WIB. Sejak pagi nampak mahasiswa berduyun-duyun memadati aula gedung B 404, terlihat kursi terisi dengan penuh.

Kegiatan ini berlangsung dengan dimoderatori oleh Dr. Ahmad Nurul Kawakip, M.Pd, MA dan dibuka oleh Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd, Ak dan dilanjutkan dengan presentasi Materi BIMTEK oleh Dr. Sulanam, M.Pd, dosen UIN Sunan Ampel Surabaya. “Alangkah indahnya, apabila mahasiswa mampu berproses dalam menulis, sehingga bisa merasakan tahapan perkembangan dalam kemampuan menulis”, ujar Dr. Sulanam. Menulis artikel harus mampu mengidentifikasi unsur tema yang menarik dan terkini untuk diangkat sebagai obyek penelitian, lebih lanjut Sulanam menambahkan.


Tercatat lebih dari 200 mahasiswa yang hadir dan mengikuti acara ini sampai selesai. Peserta sangat antusias dengan diadakannya agenda ini, hal ini dibuktikan adanya diskusi dan sesi tanya jawab yang hangat. Tercatat 9 (Sembilan) mahasiswa berdiskusi dan mengajukan pertanyaan kepada nara sumber, tentang tema penelitian, berdiskusi tentang kiat-kiat strategi dalam menulis jurnal sehingga layak untuk diterbitkan jurnal. Pada ahir acara, beberapa peserta juga menyampaikan kesan sangat puas dengan penyampaian narasumber mengenai materi yang diberikan. “Min

Scroll to Top