Mukernas XI Asosiasi Program Studi Manajemen/Administrasi Pendidikan Indonesia (APMAPI), Menyikapi Permenristek Nomo 53/Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi; Perkembangan Era Industry 4.0 dan Society 5.0

Banda Aceh, 11-14 Oktober 2023 bertempat di Pascasarjana Universitas Syah Kuala dilaksanakan Mukernas XI Asosiasi Program Studi Manajemen/Administrasi Pendidikan Indonesia (APMAPI) yang diikuti oleh perwakilan Ketua Program Studi Manajemen/Administrasi Pendidikan  di lingkungan Perguruan Tinggi Umum dan Perguruan Tinggi Keagamaan. Pada kesempatan ini Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diwakili oleh Ketua Program Studi Doktor MPI Dr. H. Moh. Padil, M.Ag., Ketua Program Studi Magister MPI Dr. M. Fahim Tharaba, M.Pd (sekaligus Bendahara II dalam kepengurusan APMAPI),  dan Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd (sekaligus anggota Dewan Pakar dan Pengawas dalam kepengurusan APMAPI).

Mukernas XI diselenggarakan dalam rangka menyikapi Permenristek Nomor 53/Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi; Perkembangan Era  Industry 4.0 dan Society 5.0 serta Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Sebagian besar Ketua Prodi menyatakan akan mengadakan pengembangan kurikulum dengan beberapa usulan strategi implementasinya, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing Program Studi. Hasil rekomendasi untuk selanjutnya akan dikembangkan oleh Tim Kecil yang dibentuk untuk segera diselesaikan, dengan target bulan Desember 2023 untuk dibahas lebih lanjut.

Acara selanjutnya dilakukan Seminar Nasional yang diisi para pakar dibidang MP dan AP, sekaligus menghadirkan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang menjelaskan secara operasional berbagai kebijakan terkait perubahan  dalam pengembangan kurikulum yang menjadi perhatian para Kaprodi terkait pelaksanaan Permenristek Nomo 53/Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Acara seminar ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan kurikulum MP/AP termasuk MPI di masa yang akan datang.

Hasil seminar selanjutnya didiskusikan untuk mejadi masukan lebih lanjut oleh tim dalam rangka menghasilkan rumusan Mukernas. Pada kesempatan ini, Tim Pascasarjana juga menandatangai naskah Kerjasama untuk pengembangan Jurnal Manajemen Pendidikan Islam yang diterbitkan Prodi MPI dengan Ketua APMAPI Prof. Dr. H. Imron Arifin, M.Pd  dan Dr. Sri Rahmi, M.Pd Ketua PPMPI (Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam), yang secara teknis bentuk kerja sama akan dijabarkan lebih lanjut dalam kegiatan-kegiatan berikutnya. Siji*

Scroll to Top