Berbagi Pengalaman pada Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember

Batu, 27 November 2023 bertempat di Aula Hotel Spencer Green Batu Direktur Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd  bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yang sedang menyelenggarakan rapat kerja. Rapat kerja diikuti sekitar 30 orang, mulai dari Direktur, Wakil Direktur, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, dan tenaga kependidikan. Pada kegiatan rapat kerja ini Prof. Wahid menceritakan pengalamannya mengelola Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selama 2 tahun ini, khususnya pengalaman yang berkaitan dengan mempersiapkan dan menghadapi akreditasi, sehingga banyak program studinya yang mendapat nilai peringkat akreditasi Unggul sebagaimana permintaan Wakil Direktur Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Dr. Saihan, S. Ag., M. PdI., ketika mengawali acara pembukaan.

Pada kesempatan ini Prof. Wahid menuturkan pentingnya kekompakan Tim Pascasarjana dan perlunya memiliki hubungan yang baik dengan seluruh komponen yang ada di Universitas. Sebab data-data yang dibutuhkan dalam kegiatan proses akreditasi banyak tersebar di unit/pusat/Lembaga/Fakultas yang ada di lingkungan universitas, misalnya data-data di LPM, LP2M, Perpustakaan Pusat, Bagian Akademik, Bagian Kepegawaian dan unit lainnya, sebab aktivitas-aktivitas yang dikerjakan unit-unit tersebut selama berkaitan dengan layanan yang diterima oleh sivitas akademika dapat kita klaim sebagai bagian dari kegiatan Pascasarjana. Di samping itu, beliau juga menekankan pentingnya setiap kegiatan yang dilakukan oleh Pascasarjana, dosen, mahasiswa dan pegawai diberitakan dalam Web Pascasarjana sebagai bukti bahwa kegiatan-kegiatan tersebut benar-benar dilaksanakan dan menjadi bukti dukung  dalam borang akreditasi.

Pada saat pengerjaan borang akreditasi Ketua Program Studi hendaknya juga melibatkan para mahasiswa selain pihak internal Pascasarjana dan LPM. Hal ini untuk mempercepat pengumpulan data, jika data-data yang diperlukan belum tersimpan dengan baik. Misalnya data-data berkaitan dengan karya-karya dosen dan mahasiswa, jumlah sitasi dan data lainnya. Pada sesi selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab dengan seluruh peserta. Pada sesi ini banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam rangka berkaitan persiapan akreditasi program studi.

Pada sesi terakhir Prof. Wahid menyambut baik jika para Kaprodi dan Sekprodi berkenan untuk datang langsung ke Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim untuk melakukan diskusi bersama dalam mengembangkan Pendidikan Pascasarjana demi kemajuan kedua Pascasarjana. Hal ini sebagaimana juga menjadi harapan Direktur Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Prof. Dr. Moch. Chotib, S. Ag., M. M. *Siji+

Scroll to Top