Universiti Sains Islam Malaysia Malaysia (USIM) Lawatan Ilmiah ke UIN Maliki

Senin pagi (8/4), Prof. Madya. Dr. Moho Radhi bin Ibrahim, selaku Pengetua kolej kediaman 1 pengawal pengiring eksplorasi JESS’23, Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) bersama sembilan mahasiswanya melakukan lawatan ilmiah di UIN Maliki Malang. Rombongan satu bus itu tiba di UIN Maliki tepat pukul 09.00 WIB.

Kehadiran rombongan USI Malaysia itu langsung disambut hangat oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Fatah Yasin. Selanjutnya, rombongan melakukan dialog tentang keorganisasian dan program-program kemahasiswaan di masing-masing kampusnya bersama semua jajaran pengurus OMIK di Aula Lantai 3 Gedung Ir. Soekarno.

Sementara itu, USIM yang notabene merupakan Perguruan Tinggi Kerajaan atau Publik yang terletak di Negeri Sembilan Malaysia itu tertarik terhadap proses pembelajaran integratif yang diterapkan di UIN Maliki. Baik integrasi dibidang keilmuan maupun dalam pembelajaran bahasa Arabnya. Dalam pertemuan istimewa itu, masing-masing kampus merasa mendapatkan pengalaman baru dalam pengelolaan program kemahasiswaan.

Mahasiswa ‘hal ehwal’ dari USIM sendiri rencananya akan mengelilingi Jawa Timur dan Yogyakarta. Mereka mengangkat tema Mencari Himmah Islam di bumi Jawa Timur Pengembaraan USIM GISO eksplorasi jejak Sejarah (JESSII ’23) yang dilangsungkan dari 6-12 April 2023.

Umairoh, salah satu peserta mengaku senang bisa berkunjung di kampus UIN Maliki dengan hasil biaya sendiri. “Saye suke melawat kesini, kampusnya luas juge sejuk,” katanya dengan logat khas Melayu. Sementara itu, di sela kunjungan tersebut, PR III, Fatah Yasin mengajak langsung untuk melihat lingkungan Unit Kegiatan Mahasiswa dan hasil karyanya serta pendampingan kelembagaan oleh masing-masing OMIK.

Dalam lawatannya ke JawaTimur, rombongan didampingi oleh tiga orang mahasiswa dari prodi Ekonomi Syariah, PAI dan Sastra Inggris yang berasal dari daerah yang akan dikunjungi yaitu Gresik (Sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim Malang), Surabaya (Sunan Ampel) dan Jombang (Makam Abdurrahman Wahid). (Naf)

id_ID
Scroll to Top