Mahasiswa UIN Malang Mengabdi di Negeri Gajah Putih

THAILAND – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan kerjasama dengan Al Hidayah Waqaf Foundation for Education and Social Development, Songkhla Thailand dalam bentuk program pengabdian masyarakat “International of Community Engagement Program”. Program ini dilaksanakan mulai tanggal 04 Januari sampai 04 Pebruari 2024. “Tahun ini merupakan tahun kedua dalam kegiatan pengabdian di Thailand dan bekerjasama dengan lembaga yang sama. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa menambah pengalaman akademik di luar negeri dengan cara mengabdi, agar mempunyai wawasan global yang kuat” jelas Syaiful Mustofa, Kepala Pusat Pengabdian UIN Maliki Malang.

“Alhamdulillah kami semua merasa senang bisa mengikuti kegiatan pengabdian ini, apalagi kegiatan dilaksanakan bersama-sama dengan beberapa kampus lain. Bisa kolaborasi program kerja” ujar Yuni Syakila Wardah, mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Arab. Perempuan asal Singaraja Bali ini menjelaskan bahwa ketika tiba di Thailand bertemu dengan kampus lain yang mempunyai program sama yaitu melaksanakan pengabdian. Pendapat ini dikuatkan rekannya “Alhamdulillah kami bisa bertemu dari kampus lain dan kolaborasi program kerja. Juga bertemu dengan guru dan murid dari Sumatra Utara dalam rangka study exchange” ujar Yuanda Irsyiatul Muhimma, dari prodi PAI asal Pasuruan.

Peserta program pengabdian UIN Malang di Thailand ini diikuti tiga belas mahasiswa dari berbagai program studi. Empat mahasiswa dari prodi Farmasi yaitu Afrih Namya Qayyima, Bella Tri Yuliana Putri, Hawa Ainul Fanfa, Rara Puspita Putri. Empat mahasiswa prodi Sastra Arab yaitu Muhammad Riyadi Nugraha, Prafitriyani Putri, Yuni Syakila Wardah, Zul Shawabi. Tiga mahasiswaa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Annis Nur Jamilah, Farhana Izzatul Humairoh, Yuanda Irsyiatul Muhimma. Satu mahasiswaa dari Prodi Ekonomi Syariah. Dan satu mahasiswa prodi Manajemen.

Kegiatan pengabdian berpusat di tiga tempat meliputi Pattanawittaya School Yhala, Santiwittaya School Pattani, dan Muslimeen Suksa School Hat Yai. Di lokasi terakhir ini peserta pengabdi dari UIN Malang bertemu dengan dosen Universitas Muria Kudus dalam rangka kunjungan, dan rombongan study exchange dari SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Sumatra Utara. “Selamat tiba di Thailand rombongan dari dosen Universitas Muria Kudus, dan pelajar dari Sumatra Utara. Satu minggu yang lalu juga hadir mahasiswa UIN Malang yang melaksanakan pengabdian di lembaga kami” sambut ustadzah Salfar, salah satu pengurus lembaga dengan logat bahasa Melayu (10/01/2024).

Dalam pertemuan ini ditampilkan kegiatan public speaking, reading, dan game dalam bahasa Inggris dan Thailand. Kegiatan ditutup acara makan bersama dengan menu hidangan khas Thailand, tapi rasanya sama dengan masakan di Indonesia hanya beda istilah saja. (Kontributor: Yuni Syakila Wardah & Syaiful Mustofa).

id_ID
Scroll to Top