Benchmarking Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugirwa Denpasar Ke Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Batu, 29 Novemeber 2023, Pascasarjana Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugirwa Denpasar melakukan benchmarking di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan ini ditujukan dalam rangka penguatan dan jalinan kelembagaan antar dua perguruan tinggi. Hadir dalam kegiatan tersebut 25 orang dosen dan pengelola pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugirwa Denpasar antara lain: Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si (Rektor), Prof. Dr. Dra. Relin D.E, M.Ag (Direktur Pascasarjana), Dr. I Nyoman Dr. I Nyoman Alit Putrawan, S.Ag.,M.Fil.H (Wakil Direktur Pascasarjana), Dr. Dra. Ni Nyoman Perni, M.Pd (Kaprodi Doktor Ilmu Komunikasi Hindu), Komang Trisnadewi, SS.,M.Hum (Sekprodi Magister Pendidikan Bahasa Bali) dan lain sebagainya.


Sementara itu dari pihak Pascasarjan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang hadir pimpinan, ketua dan sekretaris program studi di lingkungan Pascasarjana diantaranya: Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd (Direktur Pascasarjana), Prof. Dr. H. Wildana Waradinata, Lc., M.A (Kaprodi S2 BSA), Dr. H. Mohammad Asrori, M.Ag (Kaprodi S2 PAI), Dr. Khoirul Hidayah, S.H., M.H (Kaprodi S3 HKI), Dr. H. Ahmad Djalaluddin, M.A (Sekprodi S3 ES), dan lain sebagainya serta beberapa staf yang turut menyambut tamu.

Acara diawali dengan sambutan direktur pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd, yang dalam sambutannya ia menyampaikan selamat datang kepada rektor dan rombongan di kampus Ulul Albab. Kemudian ia menyampaikan profil singkat Pascasarjana yang meliputi VMTS, tahapan pengembangan akademik, capaian-capaian, kepemimpinan dan sistem pengelolaan dan lain-lain.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh rektor Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugirwa Denpasar. Ia menyampaikan terimakasih kepada pengelola Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah menyambutnya beserta rombongan dengan penuh kehangatan. Ia juga menyampaikan bahwa edatangannya bersama rombongan ke Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selain untuk penguatan dan jalinan kelembagaan, ditujukan juga untuk studi banding pengelolaan Pascasarjana. Hal ini dikarenakan Pascasarjana di Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugirwa Denpasar merupakan program baru yang berdiri pada 2020, sehingga perlu adanya kegiatan tersebut.


Banyak hal krusial yang dibahas dalam sesi diskusi, diantaranya dosen dan pengelola Pascasarjana Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugirwa Denpasar menanyakan terkait teknis pelayanan administrasi terhadap mahasiswa, sister dan ortaker di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selain itu dalam rangka pencapaian nilai akreditasi maksimal, direktur dan perwakilan pengelola Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyampaikan beberapa tips diantaranya terjalinnya komunikasi yang baik antar satker di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, seperti pimpinan PT, LPM, Pengelola Perpustakaan dan lain sebagainya.

Disampaikan juga bahwa pelayanan administrasi di Pascasarjana telah memanfaatkan sistem teknologi seperti pelayanan surat melalui SIPASCA, pelayanan akademik melalui SIAKAD dan lain-lain.
Suasana diskusi terjalin begitu hangat, dimana antar pengelola Pasacasarjan kedua perguruan tinggi tersebut saling bertukar informasi dan pengalaman terkait pengelolaan prodinya. Diakhir kegiatan rektor dan direktur Pascasarjana Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugirwa Denpasar mengharapkan kedatangan direktur dan pengelola Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di kampusnya. Suasana lebih hangat ketika pimpinan kedua belah pihak mengakhiri kegiatan dengan saling memberikan pantun. *man

Scroll to Top