Selasa, 9 November 2021, Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan kegiatan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi ,  kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Diawal sesi pembukaan, acara ini langsung dipandu oleh Moderator Eko Suprayitno, S.E., M.SI., Ph.D juga sebagai Sekertaris Prodi Magister Ekonomi Syariah tepat pada pukul 09.00 WIB, dan diikuti oleh 157 Mahasiswa melalui Media Zoom.

Setelah sesi pembukaan, para narasumber bergantian menyampaikan materinya, di kesempatan pertama disampaikan oleh Prof. Dr. H. Achmad Sani, M.Si.  Guru Besar dan Kaprodi Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

dalam penyampainnya Prof Sani menghimbau kepada mahasiswa untuk giat menulis karya ilmiah yang daintaranya jurnal yang bereputasi, karna sebagai prasyarat sebelum menyelesaikan studi, agar tulisan jurnal dapat disubmit dan dipublis, maka, mahasiswa harus balajar jurus dan tehnik jitu penulisan jurnal dengan cara mengikuti beberapa pelatihan atau webinar seperti saat ini.

Pada kesempatan kedua, disampaikan oleh Prof Dr. Muhammad Nur Rianto, Al Arif, M.Si, sebagai  merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Rianto menyampaikan agar  mahasiswa harus membaca gaya slingkung atau template jurnal yang akan dituju, sehingga ada kesesuaian, jangan putus asa ketika artikelnya ditolak, mahasiswa harus siap menerima masukan dari reviewer, dan segera melakukan perbaikan.

Prof Rianto juga mengatakan bahwa mahasiswa harus membaca cakupan dari jurnal yang akan dituju, seperti ketika jurnalnya fokusnya tentang Islamic Marketing, justru yang dimasukkan  adalah artikel human resourch hal-hal seperti ini yang harus dipahami oleh mahasiswa, kemudian mahasiswa juga perlu memperhatikan tata penulisan, similarity dan paraphrase yang baik.

Menurut  Prof Rianto artikel ada dua tipe petama artikel yang menggunakan model method dan kedua, non method, jurnal ekonomi biasanya menggunakan tipe yang pertama yaitu model method, sementara yang Islamic Studies  pada tipe yang kedua. dalam penulisan artikel harus banyak menyajikan perdebatan akademik dengan cara mengutif research terkini yang uptodate.

Diakhir sesi adalah Penandatangan  Naskah Kerjasama antara Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. *prayropag

Categories: Berita