Prosedur Pengurusan Bebas Tanggungan Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di Masa Pandemi Covid-19.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengambil kebijakan mengalihkan pengurusan bebas tanggungan perpustakaan dari fisik ke daring. Mahasiswa juga tidak perlu menyerahkan tugas akhir dalam bentuk cetak karena Perpustakaan Pusat hanya menerima dalam bentuk berkas elektronik (softcopy). Proses pengurusan bebas tanggungan secara daring ini berlaku mulai 1 April 2020.

Perlu ditekankan bahwa pengurusan secara daring ini hanya berlaku bagi mahasiswa yang tidak memiliki pinjaman buku dan atau tanggungan denda di Perpustakaan Pusat. Bagi mahasiswa yang masih memiliki pinjaman buku atau pun tanggungan denda tetap harus mengurus administrasi denda dan mengembalikan buku secara luring dengan mengunjungi gedung perpustakaan.

Bagi mahasiswa yang tidak memiliki pinjaman buku dan denda, mohon untuk mematuhi tata cara pengurusan bebas tanggungan secara daring sepenuhnya. Ada pun ketentuan selengkapnya sebagai berikut:

  1. Mahasiswa yang mengajukan bebas pustaka wajib mengisi formulir daring yang tersedia bit.ly/bebaspustakaonline
  2. Mahasiswa wajib mengunggah berkas tugas akhir elektronik secara mandiri di http://etheses.uin-malang.ac.id. Pedoman unggah mandiri dapat dilihat di bit.ly/depositmandiri
  3. Mahasiswa yang telah mengunggah file tugas akhir mengirim pesan konfirmasi ke petugas berdasarkan fakultas. Informasi nomor kontak WhatsApp petugas dapat dilihat di bit.ly/bebaspustakaonline
  4. Jika dokumen yang diunggah sudah lengkap, petugas akan melakukan verifikasi dalam waktu 3 x 24 jam. Namun, petugas mungkin memerlukan waktu lebih lama jika terdapat antrian menumpuk. Mohon mahasiswa untuk bersabar.
  5. Apabila mahasiswa TIDAK mempunyai tanggungan berupa pinjaman buku dan denda, maka petugas akan melanjutkan proses ceklist di Siakad. Mahasiswa tidak perlu berkunjung ke perpustakaan.
  6. Namun, apabila mahasiswa MEMPUNYAI tanggungan berupa pinjaman buku dan denda, maka wajib mendapatkan SURAT KETERANGAN PELAYANAN BEBAS TANGGUNGAN PERPUSTAKAAN untuk pengurusan denda.
  7. Jam layanan pengembalian buku, pengurusan denda, dan penggantian buku hilang: Senin-Jum’at, pkl. 09.00 – 15.00 WIB di Perpustakaan Pusat lantai 1, Jalan Gajayana 50 Malang. Untuk Masuk ke Perpustakaan wajib Mengisi Formulir di https://forms.gle/JttLmyC7mZrCCB9o9
Categories: Pengumuman