Pemutakhiran Kurikulum Program Studi Magister (S-2) dan Doktor (S-3) Manajemen Pendidikan Islam

Batu, 10-11 Maret 2022 Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar workshop pengembangan kurikulum untuk program studi Magister (S-2) dan Doktor (S-3) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dengan tema “Desain Kurikulum Magister (S-2) dan Doktor (S-3) MPI Berparadigma OBE di Era Disrupsi Digital”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimana pada hari pertama menghadirkan narasumber untuk memperkaya wawasan dan memberikan gambaran desain kurikulum yang relevan dengan kondisi kekinian. Sementara pada hari kedua, menyusun dan mereview hasil kurikulum yang ada.
Dalam Kegiatan kali ini dibuka secara resmi oleh Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd, Ak dengan moderator Dr. Muhammad Amin Nur, M.A . Kegiatan dimulai pada pukul 12.30 WIB hingga berakhir pukul 16.30 WIB, bertempat di ruang Aula Gedung C (Rumah Singgah) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam sambutannya Direktur Pascasarjana menyampaikan bahwa pemutakhiran kurikulum merupakan suatu keharusan karena adanya perubahan yang terjadi pada masyarakat, seperti terjadinya pandemic Covid-19 telah merubah pola pembelajaran dari tatap muka menjadi online, hal ini perlu disikapi untuk mempersipkan pola pembelajaran di masa yang akan datang, adanya perubahan peraturan pemerintah terkait dengan Pendidikan tinggi, serta upaya internasionalisasi program studi, serta faktor lainnya. Kegiatan workshop kurikulum ini tidak cukup sekali, namun akan diikuti kegiatan lain sesuai dengan tahapan dalam proses pengembangan dokumen kurikulum.
Selaku nara sumber utama dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. H. Imron Arifin, M.Pd, Guru Besar Universitas Negeri Malang yang juga selaku Ketua Asosiasi Program Studi Manajemen/Administrasi Pendidikan Indonesia (APMAPI), dengan moderator Dr. M. Fahim Tharaba, M.Pd. Dalam penyampaiannya, Prof. Imron menjelaskan secara praktis desain kurikulum yang telah dikembangkan oleh APMAPI dan juga dikembangkan oleh UM, hal ini dimaksudkan agar dapat menjadi perbandingan bagi Prodi Magister (S-2) dan Doktor (S-3) MPI Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dalam mengembangkan kurikulumnya. Hal yang menarik terdapat dalam pengembangan SAP-nya dimana strategi KBMnya telah dilengkapi baik secara offline maupun online dengan sinkronous dan asinkronous.

Peserta workshop ini meliputi Dosen Tetap Program Studi (DTPS) dan juga dosen pengampu mata kuliah. Keterlibatan komponen tersebut diharapkan dapat mewarnai dan menguatkan karakter/kekhasan dalam perumusan kurikulum.

Sementara pada hari kedua, dimulai pukul 13.00-16.30 WIB. dengan nara sumber Kaprodi Magister (S-2) MPI, Dr. M. Fahim Tharaba, M.Pd dan Kaprodi Doktor (S-3) MPI, Dr. H. Moh. Padil, M.Pd.I yang dipandu Dr. Indah Aminatuz Zuhriyah, M.Pd. Workshop kurikulum ini dilaksanakan secara luring dengan tetap mengikuti prokes covid-19.

Dalam pertemuan tersebut dibahas pula terkait visi keilmuan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, di mana hal tersebut menjadi acuan dalam mengembangkan dan menyusun struktur kurikulum maupun RPS.
Pimpinan Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memberikan apresiasi dan support kepada para Pengelola Prodi. MPI serta para dosen yang telah berpartisipasi dalam pemutakhiran kurikulum ini. Di samping itu juga berharap kegiatan workshop tersebut akan menghasilkan suatu dokumen kurikulum yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan akademik maupun non-akademik. (Dr. Indah Aminatuz Zuhriyah, M.Pd.)
Scroll to Top