Batu, 14 Desember 2021, Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang gelar acara webinar nasional dengan tema Current Trends On Research Methodologi In Language Teaching, kegiatan melalui media zoom meeting ini dibuka oleh Ibu Moderator Dr. Hj. Mamluatul Hasanah, M.Pd.I didampingi oleh beberapa kolega termasuk oleh Drs. H. Basri, M., Ph.D selaku wakil direktur Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Dr. R.Taufiqurrohman, M.A (Sekprodi S2 PBA) serta beberapa rekan lainnya.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Drs. H. Basri, M., Ph.D menurutnya webinar ini berguna untuk memperkaya dan mengembangkan pengetahuan utamanya bagi mahasiswa dengan menggunakan metode penelitian yang terus berkembang sesuai perkembangan zaman. Nantinya mahasiswa diharapkan lebih kaya wawasan akademis dan intelektualnya.

Prof. Dr. Kisyani, M.Hum. narasumber pertama menjelaskanbahwa perkembangan ilmu dan bahasa semakin beragam dan komplek, penelitian bahasa dan pembelajarannya perlu untuk dikembangkan, pendidikan harus responsif secara lingusitik dan budaya. Sebagai bahan refleksi menurut prof Kisyani bahwa tema penelitian terkait kebahasaan dan pembelajaran ada di sekitar kita, sehingga perlu dipertajam, doa, menjadi ha utama untuk memulai, mengerjakan dan menyelesaikan penelitian.

Narasumber kedua, Dr. H. Sutaman, M.A (Kaprodi S3 Pendidikan Bahasa Arab) dengan bahasan tentang rekonstruksi penelitian pendidikan bahasa arab, bahasa merupakan cerminan budaya, maka membutuhkan ilmu lain dalam penelitian kebahasaan, banyak sekali problem dalam teori, aplikasi dalam bahasa arab, baik micro maupun macro, sehinggga goalnya adalah merekonstruksi keunikan pada pendidikan bahasa arab. Sekarang banyak metode yang digunakan dalam mengkonstruksi pendidikan bahasa arab, sehingga diperlukan pengawinan dengan teori dan ilmu lain, tentunya dengan beberapa langkah strategi baik multidisiplin, interdisiplin ataupun trandisiplin.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi, pertanyaan salah satunya dari Hambali, mahasiswa S3 PBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan webinar ini diakhiri dengan ucapan terimakasih dan permohonan maaf dari Ibu Moderator Dr. Hj. Mamluatul Hasanah, M.Pd. *Pray Ropag

Categories: Berita