Batu, 27 Oktober 2021 Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengelar pelatihan Academic writing bagi mahasiswa baru Pascasarjana Tahun Akademik 2021/2022. Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom. Dalam Kegiatan ini diawali dengan acara seremonial yang di pandu oleh Dr. H. Muhamad Amin Nur, M.Ag (Sekprodi S2 MPI UIN Malang) pada pukul 09.00 WIB di ruang meeting Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tepatnya kampus II Batu Jawa Timur.

Dalam pelatihan academic writing ini dibuka oleh Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd. Direktur Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam sambutannya Prof Wahid menginginkan agar mahasiswa Pascasarjana mempunyai skill yang handal, baik dalam penulisan karya ilmiah khususnya Tesis dan Disertasi maupun karya-karya lainnya, agar kemudian dapat dipertanggung jawabkan.

 

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap disesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Materi di Sesi I diawali dengan topik Critical Thinking yang disampaikan oleh Ulil Fitriah, M.Ed, selanjutnya dilanjutkan dengan materi Online Research Skill yang disampaikan Mufid, S.Ag., SS., M. Hum Kepala Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kegiatan hari ini diikuti lebih dari 201 peserta yang berpartisipasi melalui dalam virtual via aplikasi zoom. Selain itu, acara yang juga diselenggarakan secara luring sinkronus (hybrid) di ruang meeting.

 

Menurut Ulil Fitriah dalam pelatihan ini diharapkan agar mahasiswa dapat berfikir secara kritis, karena zaman semakin canggih dengan dinamika sosial media yang sangat pesat, sehingga ketika info-info yang didapat tidak dapat difilter dengan baik, maka akan menjadi fatal.

Tujuan lain dari pelatihan ini adalah agar memberikan sumbangsih pemikiran yang cerdas, kepada lingkup keluarga, lingkungan, negara, baik sisi ekonomi, politik, hukum dan lain-lain. Ditempat kerja misalnya , jangan mudah memaksakan pendapat kita sendiri, tetapi harus open mainded menerima pendapat orang lain, harus lebih teliti dalam membuat keputusan, dan dalam akadmik live kemampuan berfikr kritis juga sangat dibutuhkan guna membantu dalam mengevaluasi pendapat-pendapat yang masuk agar terfilter dengan baik dan tidak hoaks.

Critical Thinking Skill dalam membaca artikel misalnya harus kredibel sumbernya dan  apakah opini atau fakta harus  didentifikasi dengan jelas, agar kebenarannya dapat diukur.

*pray

 

Categories: Berita