PROGRAM DOKTOR PASCASARJANA
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Pendidikan Bahasa Arab

Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Maulana Malik Ibrahim Malang menerima mahasiswa untuk pertama kalinya pada tahun akademik 2007/2008. Program Studi ini dibuka berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: DJ/450/2006.

TERAKREDITASI A

1806/SK/BAN-PT/Akred/D/VI/2017

Visi

Tersedianya tenaga pendidik, tenaga ahli, konseptor dan pakar di bidang Pendidikan Bahasa Arab untuk Penutur Asing yang profesional, moderat dan kontemporer  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

Misi

  1. Mendidik peserta Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab menjadi manusia yang baik, beriman, berilmu, berakhlak, dan profesional.
  2. Memfasilitasi kegiatan akademik, belajar-mengajar, diskusi, dan penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan Bahasa Arab yang Islami, moderat dan kontemporer.
  3. Mengembangkan potensi peserta program untuk meningkatkan kecakapan intelektual, spiritual, integritas dan keahlian di bidang pendidikan Bahasa Arab yang selaras dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Mendidik peserta program menjadi manusia yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dunia melalui kontribusi ilmu pengetahuan, perilaku mulia dan teknologi, terutama solusi dalam meningkatkan keharmonisan dan kesejahteraan di kalangan masyarakat luas.

Tujuan

Program Doktor PBA menjabarkan tujuan penyelenggaraannya ke dalam berbagai kegiatan pendidikan dan penelitian agar dapat menghasilkan lulusan yang diharapkan sebagai berikut:

  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan menemukan berbagai konsep baru di bidang pendidikan bahasa Arab melalui proses pendidikan, penelitian dan kegiatan akademik lainnya yang terorganisir dan penelitian mandiri;
  2. Mengorganisir, melaksanakan, dan memimpin penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab untuk menciptakan tradisi ilmiah yang tinggi dan membawa perbaikan dan kemajuan masyarakat, terutama di bidang pendidikan bahasa Arab;
  3. Menerapkan pendekatan multidisipliner/interdisipliner dan integrasi Islam dengan ilmu pengetahuan dalam melaksanakan keahlian akademik dan profesi, terutama di bidang pendidikan bahasa Arab.

Mata Kuliah

No content found

Pengelola dan Dosen

Scroll to Top