Yogyakarta, 3-5 Desember 2021, Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan kegiatan Crash Program dengan tema, PENINGKATAN KUALITAS  LAYANAN AKADEMIK BERBASIS IT, kegiatan ini diikuti seluruh pengelola Pascasarjana dan juga perwakilan dari beberapa unit yang ada dikampus pusat seperti Perpustakaan, Bagian  Akademik, Bagian Umum, dan bagian Keuangan.

Acara yang dilenggarakan di Yogyakarta ini dibuka langsung oleh Bapak Rektor : Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A. dalam sambutannya pak rektor mengatakan bahwa gerakan pelayanan akademik berbasis IT harus digencatkan guna memberikan layanan terbaik utamanya kepada seluruh civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, ditengah kompetisi  perguruan tinggi yang begitu pesat, jangan hanya diam, tetapi harus melakukan  inovasi-inovasi  dan pembaharuan pelayanan berbasisis IT.

Seperti Ijasah , nantinya UIN Maulana Malik Ibrahim menginisiasii dengan Ijasah berbasis IT seperti  Kampus UGM yang didalamnnya tersedia Barcodenya, sehingga memudahkan para lulusan untuk menggunnakannya sehingga mahasiswa tidak diharuskan kekampus untuk legalisir ijasah dan dicap Basah,  papar pak rektor.

Pak rektor juga mengingkan para dosen untuk menghidupkan layanan budaya akademik  seperti penulisan jurnal yang berskala nasional dan internasional, yang nantinya karya tetrsebut disubmit di jurnal ilmiah yang bereputasi dan disitasi oleh orang lain. Kemudian kemampuan berbahasa asing baik bahasa inggirs dan bahasa arab yang pada tahap selanjutnya UIN Maualana Malik Ibrahim berencana akan menyelenggarakan pelatihan dan intensif program Class, baik listening atau speaking.

Dikesempatan yang sama prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd. selaku Direktur Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dalam sambutannya prof wahid menginginkan agar layanan akademik berbasis IT perlu ditingkatkan untuk menuju kepada layanan Word Class University, sehingga kegiatan peningkatan layanan seperti ini harus diadakan setiap tahunnya sebagai bentuk evaluasi dan pengembangan yang inovatif terhadap layanan akademik di lingkungan pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kemudian setelah beberapa sambutan disampaikan baik oleh Bapak Rektor maupun Direktur, kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Muhammad izzun Ni’am, S. Kom., M.Eng. yang dimoderatori oleh Drs. H. Basri Zain, M.A., Ph.D selaku Wakil Direktur Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Menurut Bapak  Zu’am Setiap perguruan tinggi dituntut untuk memiliki suatu nilai tambah untuk bisa bersaing dan  memenangkan persaingan dengan perguruan tinggi lain. Dewasa ini perkembangan teknologi informasi berkembang sangat pesat sehingga Perguruan Tinggi harus memberikan  kemudahan-kemudahan dalam berbagai aspek kegiatan,  Setiap perguruan tinggi tentunya harus saling berkompetisi untuk  meningkatkan kualitas dengan tujuan memenuhi dan memuaskan keinginan mahasiswa dan juga pengguna lulusan.

kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor atau ukuran keberhasilan bagi setiap pengembangan implementasi sistem informasi pada suatu lembaga, sehingga Keberhasilan perguruan tinggi sangat ditentukan oleh mutu layanan yang diberikan dan layanan tersebut  adalah Layanan Prima yang merupakan salah satu strategi dalam memberikan kepuasan pada pelanggan karena kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting. *pray ropag

Categories: Berita