Batu, 29 Oktober 2021 Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menggelar Bimtek Academic Writing bagian kedua dengan tema Developing Paragraph. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Bimtek Academic Writing sebelumnya yang digelar pada tanggal 27 Oktober 2021, di mana pada bagian pertama tersebut bimtek difokuskan untuk mengkaji tentang critical thinking dan online research skills. Peserta bimtek academic writing ini meliputi mahasiswa baru Pascasarjana Tahun Akademik 2021/2022 pada khususnya dan seluruh mahasiswa yang masih aktif studi pada umumnya.

Selaku nara sumber dalam kegiatan ini adalah Mira Sartika M.Ed, dosen tetap Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang juga alumni Flinders Unviversity Adelaide Australia. Kegiatan dengan tema developing paragraph ini dibagi dalam dua sesi, sesi pertama penyampaian materi tentang pengembangan paragraf, sedangkan sesi kedua praktik latihan pembuatan dan pengembangan paragraf. Menurut Mira Sartika, pemberian materi ini diharapkan dapat memberikan pengenalan tentang pengembangan paragraf. Di mana dalam satu paragraf idealnya meliputi topic sentence, supporting sentence, dan concluding sentence. Lebih lanjut ia menjelaskan, topic sentence merupakan ide pokok yang dituangkan dalan bentuk kalimat, sedangkan supporting sentence merupakan kalimat pendukung yang berisi rincian dari topic sentence, sementara concluding sentence merupakan kalimat penutup yang berupa ulangan dari topic sentence.

Sebagaimana disampaikan Prof Wahimurni dalam sambutan sebelumnya, kegiatan ini diharapakan agar mahasiswa Pascasarjana mempunyai skills yang handal, baik dalam penulisan karya ilmiah khususnya Tesis dan Disertasi maupun karya-karya lainnya, agar kemudian dapat dipertanggung jawabkan. Terlebih dalam mendukung program universitas unggul bereputasi internasional, di mana karya-karya para sivitas akademik diharapkan dapat terpublikasi pada jurnal terindeks maupun bereputasi intrenasional. Oleh karena itu, besar harapan kedepannya kegiatan bimtek academic writing ini dapat menjadi program unggulan di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dalam Kegiatan kali ini dibuka secara bersama-sama oleh Dr. Indah Aminatuz Zuhriyah, M.Pd (Sekprodi S3 MPI UIN Malang) sekaligus sebagai moderator. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga berakhir pukul 15.00 WIB, bertempat di ruang meeting Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Bimtek Academic Writing masih seperti sebelumnya yang dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom. Partisipasi mahasiswa untuk mengikuti bimtek academic writing ini tetap patut diapresiasi, karena dengan segala kelebihan dan keterbatasan media tetapi tidak mengurangi semangat dan antusiasme sebagian mereka. Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 peserta yang bergabung dalam virtual meeting.

Pada saat sesi praktik latihan, setiap peserta/mahasiswa diminta untuk membuat paragraf dengan topik bebas, dan mahasiswa menuliskan hasil latihannya pada forum chat yang kemudian direview oleh nara sumber. Berdasarkan latihan tersebut, dapat dilihat dan dipahami kalimat-kalimat yang yang benar dan logis dengan kalimat-kalimat yang sebaliknya yaitu kurang tepat dan tidak logis pada paragraf yang dibuat tersebut. Dapat dimaklumi bersama, kegiatan pelatihan Bimtek Academic Writing bagian kedua ini masih bersifat mendasar dan sederhana, karena kegiatan bimtek academic writing ini masih berlanjut pada bagian ketiga dengan topik How to Write Essay (Theory) yang akan disajikan dalam dua sesi yaitu penyampaian materi dan praktik pembuatan essai yang rencana pelaksanaannya pada tanggal 1 November 2021.diyarbakır escort Rangkaian kegiatan ini sengaja dikemas sedemikian runtut dan rapi serta sangat urgen dalam mengasah keterampilan mahasiswa pascasarjana dalam melahirkan karya-karya yang berkualitas dan tentunya hal ini menjadi komitmen Pimpinan Pascasarjana UIN Maulan Malik Ibrahim Malang.

 

*Indah

Categories: Berita