Fasilitas

Fasilitas

1.  Fasilitas  yang  Mendukung Pendidikan, Pembimbingan dan Penelitian

Untuk kelancaran proses belajar-mengajar, Program Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah melengkapi fasilitas pendidikan yang cukup memadai, yaitu: (a) Ruang Kuliah, (b) Laboratorium Komputer, (c) Laboratorium Bahasa, (d) Digital Library, (e) Perpustakaan, (f) Ruang Seminar, dan (g) Ruang Internet.

Masing masing sarana pendukung proses pendidikan tersebut  akan dijelaskan di bawah ini :

a.  Ruang Kuliah

Gedung Pascasarjana yang digunakan untuk ruang perkuliahan sangat layak dan memenuhi standart yang ditentukan.  Masing-masing ruang perkuliahan tersebut mejanya berbentuk melingkar, serta  dilengkapi dengan OHP (Over Head Projector), LCD Projector dan komputer. Dengan demikian, dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan maksimal untuk menujang proses belajar mengajar dengan bantuan komputer (computer assissted learning), dan Multimedia Learning.

b.  Laboratorium Komputer

Laboratorium komputer disediakan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam mengenal lebih jauh tentang dunia computer, terutama dalam memproses data-data hasil penelitian pendidikan, manajemen pendidikan, kepemimpimpinan dsb.

c. Laboratorium Bahasa

Laboratorium bahasa  disediakan untuk praktikum bahasa Arab maupun bahasa Inggris untuk studi Islam bagi mahasiswa. Laboratorium ini bisa  digunakan sewaktu-waktu, terutama pada saat perkuliahan mata kuliah bahasa arab dan inggris untuk studi Islam.

d.  Perpustakaan Manual & Digital

Sebagai komponen utama atau jantungnya perguruan tinggi adalah tersediannya perpustakaan yang cukup representatif. Di dalamnya terdapat koleksi buku-buku, jurnal-jurnal ilmiah, laporan hasil-hasil penelitian baik individual maupun kolektif, alat untuk mempermudah proses pencarian judul buku dan keperluan perpustakaan lainnya.

Perpustakaan yang didukung oleh koleksi buku, jurnal, dan bentuk-bentuk publikasi lainnya, serta sistem perpustakaan lainnya merupakaan sarana untuk menciptakan budaya akademik. Pascasarjana- UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah mengupayakan hal tersebut dengan melengkapi buku-buku referensi, jurnal-jurnal dan bentuk-bentuk publikasi ilmiah lainnya, serta sistem perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Digital Library disediakan  untuk membantu mahasiswa dan dosen dalam mengakses berbagai program digital untuk Pendidikan. Digital Library menyediakan berbagai CD Islamic Studies (ad-Dirasat al-Islamiyyah), serta bahasa arab dan inggris yang menghimpun ratusan ribu kitab dan berbagai program digital dan audio-visual seperti buku-buku educational leadership, pshcologycal leadership, Value education leadership, leadership challenge workbook, whart Fighting for Working Together for Your School? Dll.

Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang apabila telah memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)  dan menjadi anggota perpustakaan. Mahasiswa dapat meminjam 3 eksemplar  buku dengan judul yang berbeda, mencari sendiri (self service) buku referensi dan jurnal yang dipinjam kemudian akan dicatat oleh petugas Perpustakaan untuk meminjam selama 1 (satu) Minggu.

e.  Ruang Seminar

Program pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah menyediakan ruangan khusus untuk seminar atau diskusi. Ruang seminar ini dipakai apabila ada kegiatan diskusi atau seminar, kuliah tamu atau kuliah perdana.

f.  Ruang Internet

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah menyediakan fasilitas ruang Internet yang dapat digunakan untuk mengakses informasi  dari dalam dan luar negeri untuk seluruh mahasiswa. Hal ini dimaksudkan agar semua informasi terbaru, khususnya dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan dapat dengan mudah diakses lewat internet tersebut.

g.  Media Pendidikan

Media Pendidikan yang dimiliki Program Magister manajemen Pendidikan Islam dalam proses belajar mengajar meliputi OHP di setiap Ruang kuliah, LCD Proyektor, papan tulis (Whiteboard), ruang diskusi dan internet.

2.  Ketersediaan Infrastruktur

a.  Jumlah bangunan

Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim didukung oleh ketersediaan gedung yang cukup representatif, yaitu terdiri dari ruang perkantoran, ruang kuliah,  ruang perpustakaan, ruang aula, dan lain sebagainya.

b. Fasilitas Bimbingan konseling, bantuan hukum, pelayanan kesehatan dan fasilitas olah raga untuk mahasiswa.

Bagi mahasiswa yang menghadapi masalah-masalah psikologis dan berkonsultasi ke kantor Bimbingan konseling yang berada di Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sedangkan yang memerlukan konsultasi hukum  dapat meminta bantuan hukum ke Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Syari’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, serta layanan kesehatan di poliklinik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang terletak di Gedung Bussines Centre disamping itu tersedia fasilitas olah raga di Gedung Sport Centre.

c.  Fasilitas Penginapan Mahasiswa – Dosen

Sebagian besar mahasiswa Program Magister Manajemen Pendidikan Islam berasal dari dalam dan luar kota Malang. Hal ini mendorong Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyediakan fasilitas penginapan (Wisma Takmir Masjid At Tarbiyah) yang memadai dan mendukung lingkungan belajar didalam kampus. Penginapan berkapasitas 30 tempat tidur dengan biaya Rp. 10.000,- per malam / per orang. Bagi dosen yang berasal dari luar kota dapat menggunakan fasilitas Guest House di dalam kampus juga.

3.  Pengelolaan, Pemanfaatan, dan Pemiliharaan Sarana dan Prasarana

Pengelolaan sarana dan prasarana ini dibawah pengawasan kabiro Administrasi Umum  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan jajarannya (Bagian Perlengkapan dan Rumah tangga) bersama dengan unsur pimpinan Program Pascasarjana.

Pemanfaatan ruang sesuai dengan fungsinya, seperti ruang kantor secara terpisah satu dengan yang lainnya, sedangkan fasilitas yang lainnya secara bersama-sama dengan program studi Magister yang lainnya. ( denah kampus dalam lampiran)

Pemeliharaan sarana dan prasarana dijalankan oleh Kabiro Administrasi Umum dan jajaran seperti pemeliharaan komputer dilakukan oleh  PUSKOM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, demikian pula dengan perabotan / mebelair dipelihara oleh bagian Perlengkapan/ rumah tangga.