Pendidikan Bahasa Arab

Pendidikan Bahasa Arab

Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Maulana Malik Ibrahim Malang menerima mahasiswa untuk pertama kalinya pada tahun akademik 2007/2008. Program Studi ini dibuka berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: DJ/450/2006.

  • VISI

Tersedianya tenaga pendidik, tenaga ahli, konseptor dan pakar di bidang Pendidikan Bahasa Arab untuk Penutur Asing yang profesional, moderat dan kontemporer  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

  • MISI
  1. Mendidik peserta Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab menjadi manusia yang baik, beriman, berilmu, berakhlak, dan profesional.
  2. Memfasilitasi kegiatan akademik, belajar-mengajar, diskusi, dan penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan Bahasa Arab yang Islami, moderat dan kontemporer.
  3. Mengembangkan potensi peserta program untuk meningkatkan kecakapan intelektual, spiritual, integritas dan keahlian di bidang pendidikan Bahasa Arab yang selaras dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Mendidik peserta program menjadi manusia yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dunia melalui kontribusi ilmu pengetahuan, perilaku mulia dan teknologi, terutama solusi dalam meningkatkan keharmonisan dan kesejahteraan di kalangan masyarakat luas.
  • TUJUAN

Program Doktor PBA menjabarkan tujuan penyelenggaraannya ke dalam berbagai kegiatan pendidikan dan penelitian agar dapat menghasilkan lulusan yang diharapkan sebagai berikut:

  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan menemukan berbagai konsep baru di bidang pendidikan bahasa Arab melalui proses pendidikan, penelitian dan kegiatan akademik lainnya yang terorganisir dan penelitian mandiri;
  2. Mengorganisir, melaksanakan, dan memimpin penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab untuk menciptakan tradisi ilmiah yang tinggi dan membawa perbaikan dan kemajuan masyarakat, terutama di bidang pendidikan bahasa Arab;
  3. Menerapkan pendekatan multidisipliner/interdisipliner dan integrasi Islam dengan ilmu pengetahuan dalam melaksanakan keahlian akademik dan profesi, terutama di bidang pendidikan bahasa Arab.
  • PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Doktor Studi Pendidikan Bahasa Arab Program Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai berikut:

  1. Menguasai ilmu pengetahuan di bidang Pendidikan Bahasa Arab, baik filosofi, pendekatan maupun metodologi ilmunya.
  2. Menghasilkan temuan (invention, discovery) baru berupa tesis-tesis baru, atau teori baru, metodologi baru, serta pola pengembangan ilmiah baru, yang bercirikan integrasi Islam dengan sains, melalui penelitian ilmiah di dalam disiplin ilmu pendidikan bahasa Arab.
  3. Memiliki profesionalisme untuk bekerja sebagai tenaga pengajar dan pemimpin lembaga pendidikan, serta tenaga ahli di bidang pendidikan bahasa Arab, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • STANDAR KOMPETENSI DAN KEWENANGAN LULUSAN

Lulusan Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab memiliki standar kompetensi dan kewenangan sebagai berikut:

  1. Memiliki kepribadian sebagai pendidik, peneliti dan pengamat Pendidikan Bahasa Arab yang berciri kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  2. Menguasai landasan falsafah pendidikan, khususnya pendidikan bahasa Arab.
  3. Menguasai substansi Pendidikan Bahasa Arab Teori dan Praktik.
  4. Mampu melakukan kajian ilmiah melalui penelitian dan eksperimen.
  5. Kepakaran, kesejawatan, keteladanan dan berwawasan kebangsaan dan keislaman.
  6. Menguasai bahasa Arab tingkat advance.

Sedangkan kewenangan lulusan atau bidang pekerjaan yang dapat dimasuki lulusan Program Doktor PBA adalah:

  1. Bidang pengajaran bahasa Arab;
  2. Bidang penelitian bahasa Arab;
  3. Bidang pengembangan kurikulum bahasa Arab;
  4. Bidang pembimbingan penulisan buku ajar bahasa Arab;
  5. Perkamusan;
  6. Penerjemahan, dan lain-lain.

Leave a Reply