Manajemen Pendidikan Islam

Manajemen Pendidikan Islam
  • VISI

Penyelenggaraan Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang  didasarkan suatu pandangan bahwa pendidikan yang berorientasi masa depan adalah pendidikan yang dalam pelaksanaannya selalu mempertimbangkan perkembangan yang akan terjadi di masa depan, terutama yang berkaitan dengan perkembangan keilmuan dibidang manajemen pendidikan Islam. Atas dasar pemekiran tersebut Visi program Doktor Manajemen Pendidkan Islam adalah “Menjadi Program Studi S-3 Manajemen Pendidikan Islam terdepan di lingkungan Perguruan Tinggi Islam, yang melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat mampu melahirkan tenaga pengelola lembaga pendidikan islam sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan masyarakat, serta memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional.

  • MISI

Berdasarkan visi di atas, Misi Program Doktor ManajemenPendidikan Islam Pascasarjan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan bermutu dalam hal Manajemen Pendidikan Islam sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis penelitian (doctor by research) sehingga melahirkan tenaga pemikir, penemu dan pengembang dalam hal Manajemen Pendidikan Islam.
  3. Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam, khususnya dalam hal Pengelolaan lembaga-lembaga pendidikan Islam.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi lain baik di dalam maupun luar negeri, dan masyarakat pengguna lulusan program Doktor Manajemen Pendidikan Islam.
  • TUJUAN

Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam penyelenggaraannya bertujuan ingin:

  1. Melahirkan sarjana setingkat doktor yang memiliki integritas kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keunggulan akhlak, dan keluasan ilmu  pada bidang Manajemen Pendidikan Islam.
  2. Melahirkan Doktor Manajemen Pendidikan Islam yang memiliki kemampuan untuk memimpin, mengelola dan membina satuan-satuan pendidikan yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran Islam.
  • SASARAN

Berdasarkan visi, misi, tujuan tersebut, maka sasaran yang ingin dicapai oleh Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah:

  1. Memiliki pemahaman mendalam tentang berbagai konsep dan prinsip manajemen pendidikan Islam yang mendasari keseluruhan proses penyelenggaraan sistem pendidikan Islam, mengkaji secara kritis penerapan konsep dan prinsip tersebut dalam latar penyelenggaraan sistem pendidikan nasional.
  2. Memiliki kemampuan luas dan mendalam tentang realitas fisik dan psikologis penyelenggaraan pendidikan Islam di Indonesia dengan berbagai problem dan isu terkaitnya, serta menemukan pilihan paradigma manajemen yang lebih sesuai sebagai landasan pemahaman dan penyelenggaraan sistem pendidikan yang luan di indonesia dan global.
  3. Memiliki landasan yang baik dan proses penelitian ilmiah serta mengaplikasikannya dalam menguji berbagai konsep dan prinsip manajemen pendidikan Islam atau menemukan dan mengembangkan konsep dan prinsip yang baru tentang pendidikan Islam.
  • PROFIL LULUSAN
  1. Ilmuwan manajemen pendidikan Islam yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional
  2. Tenaga kependidikan yang memilki kapasitas profesional dalam manajemen pendidikan Islam, yang memiliki daya saing pada tingkat nasional maupun global.
  3. Peneliti dan pengembang manajemen pendidikan Islam yang profesional
  4. Ilmuwan yang memiliki kemampuan dan keterampilan kepemimpinan manajerial, perencana, pengorganisasi, dan penilai dalam berbagai program pendidikan
  5. Konsultan manajemen pendidikian Islam dalam peningkatan mutu pendidikan

Leave a Reply