Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • IDENTITAS PROGRAM STUDI
Nama Program Studi : Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah  (PGMI)
Alamat : Program Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jl. Ir. Soekarno 1 Dadaprejo Batu
Jenjang & orientasi : S-2
Nama Perguruan Tinggi : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Dasar Hukum Pendirian : Keputusan Menteri Agama RI No: 387 Th. 2004 Tanggal 08 Oktober 2008 jo. Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam No. DJ. I/358/2008 Tanggal 08 Oktober 2008.
Tahun Penyelenggaraan : 2008
  •  VISI

Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah  (PGMI) Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti satu pandangan bahwa pendidikan yang berorientasi masa depan adalah pendidikan yang dalam pelaksanaannya selalu mempertimbangkan perkembangan yang akan terjadi di masa depan, terutama yang berkaitan dengan perkembangan ilmu-ilmu Pendidikan Dasar Islam. Atas dasar pemikiran ini visi ke depan Prodi PGMI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah ”menjadi Prodi S-2 Pendidikan Dasar Islam  terdepan di lingkungan Perguruan Tinggi Islam, yang melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat mampu melahirkan tenaga pengajar Pendidikan Dasar Islam di berbagai jenis, jalur dan jenjang pendidikan khususnya di program S-1 sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan masyarakat yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional”.

  • MISI

Berdasarkan visi di atas, misi Prodi PGMI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan bermutu dalam sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat,
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis penelitian sehingga melahirkan tenaga pemikir dan pengembang Pendidikan Dasar Islam,
  3. Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat untuk membantu menghadapi dan memecahkan permasalahan Pendidikan Dasar Islam, dan
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dan kemitraan dengan perguruan tinggi lain baik di dalam maupun luar negeri, dan dengan masyarakat pengguna lulusan Prodi PGMI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  • TUJUAN

Secara umum tujuan Prodi PGMI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai dosen Program S-1 PGMI yang menguasai kompetensi sebagai pendidik dan sebagai pengembang bidang Pendidikan Dasar Islam. Secara lebih khusus, Prodi PGMI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bertujuan untuk:

  1. Melahirkan para Master PGMI yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keunggulan akhlak, dan keluasan ilmu  khususnya dalam bidang Pendidikan Dasar Islam, dan mampu mengembangkan serta menerapkannya pada tingkat satuan pendidikan di semua jenis, jalur, dan jenjang pendidikan, khususnya jenjang  S-1,
  2. Melahirkan para Master PGMI yang memiliki kemampuan untuk menjadi tenaga pendidik dan pembina Pendidikan Dasar Islam pada satuan pendidikan yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran Islam,
  3. Melahirkan para Master PGMI yang memiliki penguasaan wawasan Pendidikan Dasar Islam, termasuk penguasaan keilmuan dan substansi pembelajaran 5 (lima) mata pelajaran pokok SD/MI (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKn), dan
  4. Melahirkan sarjana memiliki penguasaan wawasan pendidikan dasar, termasuk penguasaan keilmuan dan substansi pembelajaran salah satu mata pelajaran pokok SD/MI.
  •  STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Berdasarkan visi, misi, dan tujuan tersebut sasaran yang ingin dicapai oleh Prodi PGMI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah untuk berperan sebagai pendidik, peneliti dan pengembang khususnya di bidang Pendidikan Dasar Islam.

Sebagai pendidik, ia akan mampu untuk:

  1. Mengenal peserta didik secara mendalam melalui perilaku yang tampak berdasarkan konsep pedagogik yang bersifat multireferensial: dari sudut pandang antropologi, psikologi, sosiologi dan filsafat. Pemahaman tersebut menunjuk kepada keutuhan individu yang unik sebagai individu dan mahkluk sosial,
  2. Menguasai bidang studi secara substantif dan metodologis. Kedua sisi penguasaan bidang studi tersebut merupakan salah satu persyaratan mutlak bagi penguasaan kemampuan kependidikan yang menggunakan bidang studi sebagai konteks pembelajaran yang mendidik (subject specific-pedagogy),
  3. Menyelenggarakan pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik untuk meningkatkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta penilaian hasil pembelajaran,
  4. Meningkatkan Profesionalitas secara berkelanjutan, dengan mengidentifikasi, menganalisis dan mangatasi masalah pembelajaran, melakukan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar, yang juga ditunjang oleh kemampuan menggunakan teknologi informasi dan konunikasi sebagaimana sarana belajar dan berkomunikasi, termasuk dengan menggunakan bahasa asing, kesemuanya sebagai wujud dari komitmen untuk melaksanakan pendidikan sepanjang hayat.

Sebagai Peneliti dan Pengembang, ia akan mampu:

  1. Memberikan sumbangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Dasar melalui penelitian,
  2. Memecahkan permasalahan khususnya dalam bidang Pendidikan Dasar Islam  melalui kegiatan penelitian dan pengembangan, dan
  3. Menerapkan hasil penelitian dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Leave a Reply