Pendidikan Bahasa Arab

Pendidikan Bahasa Arab

Program Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan satu-satunya program Magister yang ada di lingkungan PTAI di Indonesia, dan juga merupakan salah satu program studi unggulan di Program Pascasarjana UIN Malang. Kurikulum yang dilaksanakan merupakan perpaduan antara kurikulum bahasa Arab secara umum dan Pendidikan bahasa Arab sesuai dengan  penemuan linguistik modern khususnya. Proses sosialisasi nilai-nilai keagamaan tercakup pula dalam proses belajar mengajar.  Untuk menunjang pelaksanaan program magister studi PBA ini, maka berikut ini dijelaskan visi, misi, tujuan, standar kompetensi dan kewenangan lulusan, kurikulum dan deskripsi mata kuliah.

  • VISI

Penyelenggaraan Program Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah sebagai Program Magister Pendidikan Bahasa Arab terdepan di lingkungan Perguruan Tinggi Islam, yang melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat mampu melahirkan tenaga pengajar bahasa Arab di berbagai jenis, jalur dan jenjang pendidikan khususnya di program S-1 sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan masyarakat, serta memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.

  • MISI

Misi Program Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan bermutu dalam hal Pendidikan Bahasa Arab sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis penelitian (magister by research) sehingga melahirkan tenaga pemikir, penemu dan pengembang dalam hal Pendidikan bahasa Arab.
  3. Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam, khususnya dalam hal Pendidikan  bahasa Arab.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi lain baik di dalam maupun luar negeri,  dan masyarakat pengguna lulusan program studi Pendidikan Bahasa Arab.
  • TUJUAN

Program Magister Pendidikan Bahasa Arab dalam penyelenggaraannya bertujuan ingin:

  1. Melahirkan sarjana setingkat magister yang memiliki integritas kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keunggulan akhlak, dan keluasan ilmu  pada bidang Pendidikan bahasa Arab, dan mampu mengembangkan, serta menerapkan pada tingkat satuan pendidikan (semua jenis, jalur, dan jenjang), khususnya pada jenjang  S-1.
  2. Melahirkan Magister Pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kemampuan untuk menjadi tenaga pendidik dan pembina Bahasa Arab pada satuan-satuan pendidikan yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran Islam.
  3. Melahirkan Magister Pendidikan Bahasa Arab yang memiliki wawasan keilmuan yang luas dan mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu program doktor (S-3).
  • STANDAR KOMPETENSI DAN KEWENANGAN LULUSAN

Standar kompetensi lulusan Program Magister Pendidikan Bahasa Arab adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki wawasan keilmuan, kepribadian sebagai pendidik, peneliti dan pengamat Pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional
  2. Menguasai ilmu kebahasaan secara utuh bagi kepentingan pengembangan profesi ilmu kebahasaan, khususnya pada jenjang S-1
  3. Menguasai substansi Pendidikan Bahasa Arab secara teori maupun praktek.
  4. Mampu melakukan kajian ilmiah melalui penelitian, pengamatan dan eksperimen kebahasaan.
  5. Mampu mengembangkan bahan ajar, strategi, media, dan evaluasi tentang kebahasaan.

Sedangkan kewenangan lulusan atau bidang pekerjaan yang dapat dimasuki lulusan program magister PBA adalah: bidang pengajaran bahasa, penelitian bahasa, pengembangan kurikulum bahasa, penulisan buku ajar, penerjemahan, penulisan kamus, dll.

Leave a Reply