Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam
  • VISI

Menjadi program studi terdepan,unggul dan terkemuka di lingkungan Perguruan Tinggi Islam dalam pengembangan pendidikan agama Islam serta memiliki kekokohan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlaq, keluasan ilmu dan kematangan profesional.

  • MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat Islam
  2. Mengembangkan pendidikan dan kependidikan Islam sesuai dengan tuntutan masyarakat luas
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam
  4. Menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki tanggungjawab moral dan intelektual dalam pengembangan pendidikan agama Islam
  5. Menjalin kerjasama pendidikan dengan berbagai stakeholders dalam pengembangan program studi dan lulusan
  • TUJUAN
  1. Menjadikan lulusannya sebagai peneliti handal dalam bidang pendidikan agama dan keagamaan Islam
  2. Menjadikan lulusannya menjadi pengembang profesional dalam bidang pendidikan agama islam
  3. Menjadikan lulusannya sebagai konsultan handal dalam pengembangan pendidikan agama Islam
  4. Menjadikan lulusannya sebagai eunterpreuner dalam pendidikan agama Islam
  • STANDAR KOMPETENSI DAN KEWENANGAN LULUSAN
  1. Memiliki kompetensi sebagai tenaga pendidik di program sarjana strata satu dan atau pendidik di pendidikan dasar dan menengah.
  2. Mengenal karakteristik dan tugas perkembangan serta kebutuhan pembelajaran di program sarjana strata satu dan atau di Pendidikan dasar dan menengah.
  3. Mengenal, merancang, dan memanfaatkan latar pembelajaran di program sarjana strata satu dan atau Pendidikan dasar dan menengah.
  4. Merancang, melaksanakan dan menilai pembelajaran di program sarjana strata satu, meliputi (1) mengkaji dan menjabarkan kurikulum, (2) merumuskan tujuan pembelajaran khusus maa kuliah, (3) memilih dan melaksanakan pendekatan, strategi, metode, media, dan sumber belajar dalam pembelajaran, (4) mengelola pembelajaran, dan (5) memilih dan mengembangkan penilaian proses dan hasil pembelajaran.
  5. Menguasai tujuan, isi, dan proses pembelajaran mata pelajaran di program sarjana strata satu dan atau di Pendidikan dasar dan menengah.
  6. Memanfaatkan dan mengembangkan sumber pembelajaran di program sarjana strata satu dan atau di Pendidikan dasar dan menengah.
  7. Merancang, memanfaatkan dan mengembangkan hubungan kemanusiaan dengan sesama kolega dan masyarakat.
  8. Mengenal dan mengembangkan sikap serta perilaku kepemimpinan pendidikan di program strata satu.
  9. Menguasai dan melaksanakan berbagai kegiatan administrasi dan supervisi pengelolaan pendidikan di program strata satu.
  10. Mampu menciptakan suasana religius dan dapat menggunakan metode pendekatan yang agamis dalam menyajikan bahan pembelajarannya.
  11. Mampu mensosialisasikan etos kerja di lingkungan madrasah/sekolah damn masyarakat yang berbasis pendidikan agama sehingga terwujud masyarakat yang dapat memahami pentingnya prinsip-prinsip pendidikan dan pengajaran yang dijiwai oleh nilai-nilai agama serta siap bersaing dan tetap eksis dalam percaturan dunia global.
  12. Mampu berjuang dan berdakwah mengenai pentingnya pendidikan dan pengajaran dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Leave a Reply