Manajemen Pendidikan Islam

Manajemen Pendidikan Islam

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (S2) yang dikembangkan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang saat ini pada awalnya merupakan salah satu konsentrasi dari Program Studi Ilmu Agama Islam, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 84 Tahun 1999, tentang Penyelenggaraan Program Studi Pascasarjana (S2) pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Malang. Dalam Perkembangan selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor DJ.II/55/2005, konsentrasi Manajemen Pendididikan Islam pada Program Studi Ilmu Agama Islam tersebut dikembangkan menjadi satu program studi tersendiri dengan gelar M.Pd. Dan sampai saat ini telah meluluskan dua belas angkatan dengan tepat waktu dan rata-rata alumninya sudah bekerja atau diterima diberbagai lembaga kajian, penelitian, konsultan dan satuan pendidikan di seluruh NKRI.
Kehadiran Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2) didorong semangat untuk merespon perkembangan Iptek dan tuntutan kebutuhan masayarakat global yang mempersyaratkan pentingnya manajemen profesional dalam pengelolaan lembaga pendidikan.  Kehadiran program ini juga untuk mengatasi salah satu masalah mendasar yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam yaitu lemahnya sistem manajemen pendidikan Islam. Banyak lembaga-lembaga pendidikan yang berkembang di dunia Islam dan khususnya di Indonesia, belum terurus dengan baik dan bahkan tertinggal jauh dibanding dengan lembaga-lembaga pendidikan lainya dikarenakan lemahnya sistem manajemen dan pengelolaan sumberdaya mansuia maupun sumberdaya lainya yang kurang profesional dalam pengelolaan pendidikan Islam . Karena itu program ini sangat strategis dan dibutuhkan dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia dan pengembangan kelembagaan pendidikan Islam yang profesional, responsif, serta mampu  berkompetisi dan berkolabaorasi dalam masyarakat global.
Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, organisasi pebembelajar (learning organization), serta proses integrasi antara ilmu agama dengan ilmu lain dalam peningkatan kualitas manajemen pendidikan Islam dan kualitas sumber daya manusia Indonesia di lingkungan Perguruan tinggi Agama Islam (PTAI) maupun Perguruan Tinggi Umum (PTU), di lingkungan Departemen Agama maupun Departemen pendidikan nasional, serta departemen atau instansi-instansi lain yang konsen terhadap mutu pendidikan dan peningkatan kualitas mutu sumberdaya manusia, maka Universitas Islam Negeri Malang yang sekarang memiliki nama  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang telah membuka program pascasarjana magister (S2) Manajemen Pendidikan Islam dan memberi kesempatan belajar kepada masyarakat  untuk mengikuti jenjang pendidikan pascasarjana (S2) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Kurikulum yang dilaksanakan merupakan perpaduan antara kurikulum pendidikan Islam dan manjemen pendidikan modern yang mengantarkan peserta mencapai kompetensinya sebagai peneliti, pengembang, konsultan, dan manajer profesional di bidang manejemen pendidikan Islam. Proses sosialisasi nilai-nilai keagamaan tercakup pula dalam proses belajar mengajar.  Untuk menunjang pelaksanaan program magister studi MPI ini, maka berikut ini dijelaskan visi, misi, tujuan, standar kompetensi dan kewenangan lulusan, kurikulum serta deskripsi mata kuliah.

  • VISI

Menjadi program studi unggulan dalam mewujudkan pemimpin dan manajer masa depan yang memiliki integritas keislaman dan keilmuan yang kokoh dalam bidang manajemen pendidikan Islam dengan kompetensi sebagai peneliti, pengembang, konsultan manajemen pendidikan Islam dan manajer professional yang berdaya saing dalam masyarakat global.

  • MISI
  1. Membina calon ilmuwan untuk memiliki kekokohan aqidah dan kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan professional
  2. Mendidik calon ilmuwan yang memiliki integritas kepribadian, keislaman, dan berprilaku ilmuwan yang profesional
  3. Mendidik calon ilmuwan yang  memiliki  kemampuan meneliti secara profesional dalam bidang manajemen pendidikan Islam
  4. Mendidik calon ilmuwan yang berkemampuan managerial dan kepemimpinan dalam berbagai posisi dalam sektor pendidikan maupun non pendidikan
  5. Mendidik calon ilmuwan untuk mengetahui secara menyeluruh tentang perencanaan, pengorganisasian, pembiayaan, pengawasan, analisa kebijakan dan pengambilan keputusasan untuk seluruh program dan aktivitas pendidikan
  6. Menciptakan atmosfir akademik untuk menghasilkan peneliti, pengembang, konsultan,  dan  manejer profesional yang memilki daya saing dalam masyarakat global.
  7. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis belajar dan penelitian (magister by learning & research)
  8. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran unggul dalam teori dan praktik manejemen pendidikan Islam sesuai dengan tuntutan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan masyarakat.
  9. Menerapkan sistem pelayanan manajemen mutu dan berbasis ICT.
  10. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan lembaga lain baik di dalam maupun luar negeri,  dan masyarakat pengguna lulusan program studi manajemen pendidikan Islam
  • TUJUAN

Program Magister Manajemen Pendidikan Islam dalam penyelenggaraannya bertujuan untuk:

  1. Melahirkan sarjana setingkat magister yang memiliki integritas kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keunggulan akhlak, keluasan ilmu  dan kematanagn professional di bidang manjemen pendidikan Islam
  2. Melahirkan Magister manajemen pendidikan Islam yang memiliki kemampuan untuk menjadi tenaga pendidik/kependidikan dan manejer profesional  yang mampu mengembangkan, dan  menerapkan pada tingkat satuan pendidikan (semua jenis, jalur, dan jenjang), khususnya pada jenjang  S-1, pada satuan pengelolaan pendidikan di masyarakat, pemerintah daerah/pusat, maupun instansi lainya.
  3. Melahirkan magister manajemen pendidikan Islam yang memiliki kapasitas sebagai peneliti, pengembang, dan atau konsultan  dalam bidang manejemen pendidikan Islam pada berbagai posisi dalam sektor pendidikan maupun non pendidikan
  4. Melahirkan Magister manajemen pendidikan Islam yang memiliki wawasan keilmuan yang luas dan mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu program doktor (S-3).
  • STANDAR KOMPETENSI DAN KEWENANGAN LULUSAN

Standar kompetensi lulusan Program Magister Manajemen Pendidikan Islam adalah sebagai berikut.

  1. Ilmuwan manajemen pendidikan Islam yang meiliki integritas kislaman, keilmuan dan kepribadian sebagai pemimpin masa depan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional
  2. Tenaga pendidik dan kependidikan yang memilki kapasitas profesional dalam memanajemen pendidikan Islam yang bermutu dan berdaya saing dalam masyarakat global
  3. Peneliti manajemen pendidikan Islam yang profesional
  4. Ilmuwan yang memiliki kemampuan dan keterampilan kepemimpinan manajerial, perencana, pengorganisasi, dan penilai dalam berbagai program pendidikan
  5. Pengembang manajemen mutu pembelajaran dalam peningkatan mutu pendidikan
  6. Konsultan manajemen pendidikan Islam pada berbagai posisi dalam sektor pendidikan maupun non pendidikan

Leave a Reply