Ujian Negara untuk anak SMA dan SMP sudah dilaksanakan, dan segera akan dilaksanakan ujian nasional untuk tingkat SD. Menjelang pengumuman hasil ujian, tentunya banyak pihak yang harap-harap cemas akan hasil uijian, baik bagi lembaga pendidikan, guru, orang dan terlebih lagi bagi siswa yang bersangkutan.
Takanan mental Ujian ini bagi siswa sangatlah berat, tingkat stress bagi bagi siswa sangatlah tinggi, oleh karena itu supaya tidak terjadi tindakan yang tidak diinginkan, maka diperlukan program pendampingan kepada siswa pasca ujian nasional, dan pendampingan untuk siswa SD yang akan mengikuti ujian.
Apapun hasilnya, dibutuhkan perilaku yang bijaksana untuk menyikapi hasil ujian tersebut. Jangan sampai ada perilaku bunuh diri, stress, depresi, mengurung diri dan lai sebagainya karena tidak lulus, atau pihak-pihak lain yang menambah keruhnya suasana ini. Dibutuhkan peran orang tua, guru/sekolah dan lingkungan untuk memberikan pendampingan kepada siswa dalam memulai meniti masa depan mereka, bukan memberikan hukuman yang berat bagi mereka karena tidak lulus ujian, ataupun yang mempunyai nilai jelek.
Semoga sistem evaluasi ini membawa perbaikan bagi mutu pendidikan kita. Amin
Categories: Artikel Dosen

Leave a Reply